BNN RI Resmikan Dua Laboratorium Narkotika

SUMATERA UTARA ( PEWARNAS ) – Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) membangun 2 (dua) unit Laboratorium Narkotika di daerah Deli Serdang, Sumatera Utara serta daerah Baddoka, Sulawesi Selatan yang hari ini Jum’at (15/11) diresmikan oleh Sekretaris Utama BNN, Drs. Adhi Prawoto, SH didampingi Kepala Pusat Laboratorium Narkotika BNN, Drs. Mufti Djusnir, M. Si, Apt dan para Pejabat Utama dan Pratama BNN RI.

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI, Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, dibangunnya 2 (dua) unit Laboratorium Narkotika di Deli Serdang dan Badokka merupakan salah satu upaya dalam menghadapi tantangan Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba dan New Psychoactive Substances (NPS) yang terus berkembang.

Menurut Sulistyo, saat ini peredaran NPS di dunia sudah mencapai 892 zat dan berkembang setiap tahunnya berdasarkan laporan United Nation Office On Drugs and Crime (UNODC) dalam World Drug Report, Tahun 2019.
Ia juga menyebut, di Indonesia sendiri NPS yang telah terdeteksi disalahgunakan sebanyak 76 jenis dan jumlah NPS yang telah diatur dalam Perundang-Undangan sebanyak 71 jenis, menurut Permenkes No. 44 Tahun 2019.

“Laboratorium Narkotika BNN Deli Serdang dan Badokka diharapkan dapat memberikan dukungan dalam penyelidikan dan penyidikan kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba dari aspek Kelaboratoriuman,” terangnya.

“Terutama dalam hal pengujian narkotika, psikotropika, zat adiktif, prekursor, bahan berbahaya lainnya dan derivatnya khususnya di daerah Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan serta kawasan sekitarnya,” katanya, menambahkan.

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991 ini menjelaskan, saat ini pelayanan pengujian Laboratorium Narkotika BNN Deli Serdang dan Badokka masih terbatas untuk melayani kasus Projusticia dan non Projusticia internal BNN Provinsi dan BNN Kabupaten/Kota.

Kendati demikian, kata Sulistyo, Laboratorium ini juga dapat melayani permintaan uji substance dari Instansi penegak hukum lainnya seperti Polri, Bea dan Cukai serta Badan POM terkait bahan alami atau kimiawi yang diduga mengandung narkotika.

“Kedepannya Laboratorium Narkotika BNN akan berproses untuk melayani masyarakat umum yang lebih luas,” tambah Jendral Polisi dengan ‘Bintang Emas’ satu di pundaknya tersebut.

Menurut pria yang pernah berdinas sebagai Kabag Yan Infodok Biro PID Div Humas Polri ini membeberkan, hal tersebut dilakukan dalam rangka menunjang tugas pokok dan fungsi Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam hal Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Serta menguatkan pelaksanaan tugas dan fungsi Pusat Laboratorium Narkotika BNN dalam aspek Kelaboratoriuman berupa pengembangan Laboratorium Narkotika dan pelaksanaan pengujian narkotika, psikotropika, prekursor dan bahan adiktif lainnya kecuali bahan adiktif untuk tembakau dan alkohol di daerah,” bebernya, lengkap.

Diakhir pemaparanya, Sulistyo berharap, dalam meningkatkan disiplin dan profesionalisme pegawai di lingkungan BNN, BNN Provinsi maupun BNN Kota/Kabupaten dalam bertugas terutama pegawai di lingkungan Laboratorium Narkotika BNN Deli Serdang dan Baddoka agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Hal tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik,” pungkasnya melalui keterangan tertulisnya yang diterima Jurnalis media nasional PEWARNAS. COM di Jakarta.

Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kapolresta Bandara Soetta Pimpin Sertijab Kasat Narkoba dan Kasat Binmas

Sat Nov 16 , 2019
TANGERANG | BANTEN ( PEWARNAS ) – Sejumlah Pejabat Utama Polresta Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) yakni Kasat Narkoba dan Kasat Binmas mengalami pergeseran tugas. Hal tersebut terungkap dalam sebuah upacara serah terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Bandara Soetta, AKBP Arie Ardian Rishadi, SIK, di Lapangan Mapolresta Bandara Soetta, Tangerang, Banten Jum’at (15/11/19). Dalam arahanya, Kapolresta Bandara Soetta, AKBP Arie Ardian Rishadi berpesan agar Kasat Narkoba dan Kasat Binmas yang baru dapat segera dapat menyesuaikan diri terhadap situasi wilayah hukum dan lingkungan internal Polresta Bandara Soetta. “Selain membentuk sinergitas, juga berkewajiban untuk menegakkan hukum di Polresta Bandara Soekarno-Hatta,” kata mantan Wakapolrestro Jakarta Pusat tersebut. “Kami ucapkan terima kasih kepada Kompol Arief Ardiansyah dan Kompol Anggiat Sinambela yang telah bertugas dengan baik […]